Pentingkah Memakai Retinol?

Pentingkah Memakai Retinol? image

Retinol telah lama mendapatkan gelar sebagai ‘Gold-Standard’ dalam anti-aging. Namun, pasti ada juga yang masih takut memakai nya disebabkan oleh keluhan yang menyebutkan bahwa retinol dapat menyebabkan iritasi, pengelupasan berlebih, dan menyebabkan kulit menjadi sensitive terhadap sinar matahari. Kita bahas tentang Retinol ya.. 

Jadi retinol bekerja dengan meningkatkan proses proliferasi sel kulit. Sudah merupakan suatu proses normal bahwa kulit kita akan senantiasa berganti, sel kulit baru akan tumbuh dari lapisan dalam kulit dan bergerak ke atas menggantikan sel kulit mati di lapisan paling atas kulit atau yang disebut dengan stratum korneum. Nah, retinol bekerja dengan mempercepat proses tersebut jadi kulit selalu terlihat segar dan sehat. Ditambah, retinol pun dapat meningkatkan kolagen dan ketebalan kulit lho, jadi tentunya membantu memudarkan kerutan halus dan membantu mengencangkan kulit. Beberapa penelitian pun menyebutkan bahwa retinol dapat membantu memudarkan flek. 

Sebelum memutuskan untuk memakai retinol, kamu perlu memilih konsentrasi retinol yang cocok untuk kulitmu terlebih dahulu. Retinol akan efektif bekerja pada konsentrasi 0.1% hingga 1%, nah kamu perlu mencari tahu konsentrasi berapa yang paling cocok untuk kulitmu, ditambah lagi frekuensi pemakaiannya ;)

Retinol akan teroksidasi apabila terekspos oleh cahaya dan oksigen sehingga Retinol akan sangat baik bila diformulasikan bersama dengan antioksidan seperti Vitamin E yang dapat membantu menjaga kualitas Retinol. Packaging yang baik juga akan menentukan kualitas produk skincare. Packaging yang paling baik untuk Retinol adalah dalam bentuk botol gelap dan ‘airless pump’ sehingga meminimalisir resiko terjadinya eksposur cahaya dan udara yang dapat merusak kualitas retinol. Kamu juga perlu menyimpan produk ini di dalam tempat yang gelap dan sejuk. 

Retinol memang dapat membuat kulit mu menjadi sensitive terhadap paparan sinar matahari dikarenakan sifatnya yang meningkatkan proses pengelupasan kulit dan sel kulit yang muda tidak terlalu baik dalam melindungi dari sinar UV. Tapi jangan takut dulu Beauties, dengan penggunaan sunblock SPF minimal 35, kamu tetap bisa keluar dan menikmati sinar matahari kok. Jangan lupa juga untuk 'reapply’ sunblock mu lagi apabila kamu sedang melakukan kegiatan outdoor seharian (setiap dua jam). 

Retinol sebaiknya hanya dipakai pada malam hari sebelum tidur. Memang ada beberapa produk yang menyarankan penggunaan retinol pada siang hari, namun untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, sebaiknya gunakan hanya di malam hari ya. Retinol juga akan sangat baik bila digunakan bersama dengan Niacinamide lho. 

Kalau kamu mau mulai pakai Retinol, kamu bisa memulai dari yang agak ringan. Revival Retinol Night Cream Charlotta Kay mengandung Retinyl Palmitate 1% yang merupakan versi lebih ringan dari Retinoic Acid jadi resiko terjadi iritasinya lebih rendah. Di dalam nya juga sudah ada kandungan Niacinamide yang berfungsi balancing. Revival Retinol Night Cream ini disarankan untuk mengatasi beruntusan, memudarkan kerutan halus, mengecilkan tampilan pori-pori, mengurangi komedo, dan menghaluskan kulit.